Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FATAH MINAS KABUPATEN SIAK

AMELIA HUMAIRA REFIS (2017) PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FATAH MINAS KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017810PAI.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017810PAI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017810PAI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017810PAI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017810PAI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017810PAI.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017810PAI.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017810PAI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017810PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017810PAI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017810PAI.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, motivasi guru sebagai variabel X dan aktivitas belajar siswa mata pelajaran fikih sebagai variabel Y. Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang diketahui dari fenomena proses pembelajaran yaitu: 1) Masih ada beberapa siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru, hanya beberapa siswa yang terlibat dalam pemecahan masalah, hanya beberapa siswa yang bertanya, latihan dengan cara curang, hanya beberapa siswa yang mengeluarkan pendapat, kurangnya antusiasme dan kurangnya mendengarkan penjelasan guru. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “ apakah ada pengaruh signifikan antara pemberian motivasi oleh guru terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas Kabupaten Siak”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas Kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fikih dan siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu AlFatah Minas. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih sekolah menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas Kabupaten Siak. Untuk populasi dalam peneltian ini adalah siswa Sekolah Menegah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas yang berjumlah 168 orang siswa. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 59 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Angket dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Product Moment. Dari hasil analisis diperoleh F=0,667 > “ tabel pada taraf signifikan 5%= 0,250 dan taraf signifikan 1%=0,325. Ini berarti Ha diterima H0 ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan Pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas Kabupaten Siak. Artinya, semakin baik tingkat pemberan motivasi oleh guru maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Fikih Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fatah Minas Kabupaten Siak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:20
Last Modified: 27 Aug 2019 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18314

Actions (login required)

View Item View Item