PENGARUH PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP MINAT KONSUMEN BERBELANJA DI ALFAMART AHMAD YANI SUKAJADI PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Suatu Tinjauan Ekonomi Syariah)

Muhammad Gusri Candra, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MARKETING MIX TERHADAP MINAT KONSUMEN BERBELANJA DI ALFAMART AHMAD YANI SUKAJADI PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Suatu Tinjauan Ekonomi Syariah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
COPER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-OK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR-OK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI-OK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III yang baru.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-OK.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis ritel di Indonesia pada akhir-akhir ini semakin berkembang. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya mini market yang berada di sekitar pemukiman masyarakat. Alfamart merupakan suatu bisnis eceran yang langsung berhubungan dengan konsumen, dengan tujuan untuk melayani kebutuhan total konsumen, yaitu tempat belanja terpadu yang menjual barangbarang dari barang kebutuhan sehari-hari sampai dengan barang keperluan lainlainnya. Maka dari itu peritel harus memiliki strategi bersaing yang tepat agar dapat bersaing dengan para kompetitor disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Marketing Mix terhadap minat konsumen berbelanja di toko Alfamart Ahmad Yani serta bagaimana pandangan islam tentang penerapan Marketing Mix terhadap minat konsumen berbelanja di toko Alfamart Ahmad Yani Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif dalam bentuk hubungan kausal (sebab akibat), yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Heterokedastisitas. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji T), Uji Simultan (Uji F) dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Dari analisis regresi berganda yang telah dilakukan persamaan regresi yang didapat yaitu Y= 8,532 + 0,096X1 + 0,292X2 + 0,009X3 + 0,108X4. Hal ini berdasarkan uji parsial atau uji t, yang berpengaruh signifikan hanya variabel harga dengan t hitung sebesar 2,586> t tabel 1,987. Sedangkan variabel produk, promosi dan lokasi tidak berpengaruh signifikan nilai t hitung masing-masing t hitung 2,807< t tabel 1,987, t hitung 1,087> t tabel 1,987 dan t hitung 0,805< t tabel 1,987. Sedangkan berdasarkan uji f dapat dilihat f hitung sebesar 13,654> f tabel 2,478. Tingkat hubugan yang diperoleh dari penelitian ini adalah cukup kuat berdasarkan nilai R Square sebesar 0,738 artinya 73,8% variabel independen (produk, harga, lokasi, promosi) bepengaruh terhadap variabel dependen (minat beli konsumen) sedangkan 26,2% dipengaruhi oleh variabel lain yag tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Penerapan marketing mix di Toko Alfamart Ahmad Yani Sukajadi Pekanbaru terhadap minat konsumen berbelanja tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi islam, baik dari segi produk, harga yang diterapkan, tempat/lokasi usaha maupun promosi sudah sesuai dengan syari’at islam. Seperti halnya pengambilan keuntungan yang tidak berlebihan, produk yang diperjualbelikan bukanlah barang yang dilarang dalam syariat islam dan bermanfaat bagi konsumen. Kata Kunci: Marketing Mix, Konsumen, Minat Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Konsumen, Minat Konsumen
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:12
Last Modified: 27 Aug 2019 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item