Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HULU

JUNITASARI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017716PMT.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017716PMT.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017716PMT.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017716PMT.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017716PMT.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017716PMT.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017716PMT.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017716PMT.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017716PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017716PMT.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017716PMT.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) Matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) yang valid dan praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambah Samo. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII.A untuk kelompok kecil dan siswa kelas VIII.B untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah LKS Matematika berbasis pendekatan REACT. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS Matematika berbasis pendekatan REACT. Hasil penelitian berasal dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid pada uji validitas oleh validator dengan persentase 89,4%. Respon siswa terhadap penggunaan LKS yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 91,4% pada uji kelompok kecil dan 88,8% pada uji kelompok terbatas. Sedangkan persentase pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan adalah 82,9% termasuk pada kategori tinggi. Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS Matematika berbasis pendekatan REACT ini valid dan praktis digunakan serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambah Samo. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT), Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 06:31
Last Modified: 26 Aug 2019 06:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item View Item