JUNITASARI (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017716PMT.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017716PMT.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017716PMT.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017716PMT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017716PMT.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017716PMT.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017716PMT.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017716PMT.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017716PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017716PMT.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017716PMT.pdf Download (470kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) Matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) yang valid dan praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambah Samo. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII.A untuk kelompok kecil dan siswa kelas VIII.B untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah LKS Matematika berbasis pendekatan REACT. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS Matematika berbasis pendekatan REACT. Hasil penelitian berasal dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid pada uji validitas oleh validator dengan persentase 89,4%. Respon siswa terhadap penggunaan LKS yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 91,4% pada uji kelompok kecil dan 88,8% pada uji kelompok terbatas. Sedangkan persentase pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan adalah 82,9% termasuk pada kategori tinggi. Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS Matematika berbasis pendekatan REACT ini valid dan praktis digunakan serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Rambah Samo. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT), Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 06:31 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 06:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18251 |
Actions (login required)
View Item |