NORHAYATI (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017698PMT.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017698PMT.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017698PMT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017698PMT.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017698PMT.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017698PMT.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017698PMT.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017698PMT.pdf Download (753kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017698PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017698PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017698PMT.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Terbatasnya media pembelajaran berbasis komputer yang digunakan di sekolah, menjadi pertimbangan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al – Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII MTs Al – Muttaqin Pekanbaru dan objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis CTL dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data diperoleh melalui proses validasi oleh validator, proses kepraktisan oleh siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi, angket kepraktisan dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil uji validitas teruji dengan tingkat kevalidan 88,70% (sangat valid), tingkat kepraktisan kelompok kecil yaitu 84,38% (sangat praktis), tingkat kepraktisan kelompok terbatas yaitu 90,10% (sangat praktis) serta tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 86,82% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:56 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18221 |
Actions (login required)
View Item |