Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

DENI ARTIKA (2017) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017657KI.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017657KI.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017657KI.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017657KI.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017657KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017657KI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017657KI.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017657KI.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017657KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017657KI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017657KI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Etika Berkomunikasi Siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis eksperimental pola One group pretest-posttest dengan struktur “O1 x O2”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-F dan objek penelitian ini adalah Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Etika Berkomunikasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Populasi penelitian ini berjumlah 200 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 5 orang siswa yang memiliki etika berkomunikasi yang rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik T-test. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara etika berkomunikasi siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan nilai T-test diperoleh 5.00 sedangkan ttabel = 2.78 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa 5.00 > 2.78 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara etika berkomunikasi siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Dengan persentase akhir sebesar 90% artinya layanan bimbingan kelompok “sangat efektif” untuk menumbuhkan etika berkomunikasi siswa, karena berada pada rentang 81% - 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Efektifitas, La

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:50
Last Modified: 26 Aug 2019 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18096

Actions (login required)

View Item View Item