DENI ARTIKA (2017) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN ETIKA BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017657KI.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017657KI.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017657KI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017657KI.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017657KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017657KI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017657KI.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017657KI.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017657KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017657KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017657KI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Etika Berkomunikasi Siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis eksperimental pola One group pretest-posttest dengan struktur “O1 x O2”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-F dan objek penelitian ini adalah Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Etika Berkomunikasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Populasi penelitian ini berjumlah 200 orang siswa. Sampel diambil sebanyak 5 orang siswa yang memiliki etika berkomunikasi yang rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik T-test. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara etika berkomunikasi siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok dengan nilai T-test diperoleh 5.00 sedangkan ttabel = 2.78 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa 5.00 > 2.78 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara etika berkomunikasi siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok. Dengan persentase akhir sebesar 90% artinya layanan bimbingan kelompok “sangat efektif” untuk menumbuhkan etika berkomunikasi siswa, karena berada pada rentang 81% - 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci: Efektifitas, La
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:50 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18096 |
Actions (login required)
View Item |