SILVIA SURIANI, 11213204157 (2017) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat siswa mengikuti konseling kelompok (2) Faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat siswa mengikuti konseling kelompok di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objeknya adalah peran guru bimbingan konseling meningkatkan minat siswa mengikuti konseling kelompok. Sedangkan Subjeknya adalah guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah tiga orang guru bimbingan konseling dan tiga orang siswa yang pernah mengikuti konseling kelompok. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat siswa mengikuti konseling kelompok di SMK Negeri 3 Pekanbaru adalah (1) Guru bimbingan konseling telah memberikan informasi kepada siswa tentang konseling kelompok, serta guru bimbingan konseling telah memberikan motivasi kepada siswa agar mereka berminat mengikuti konseling kelompok. (2) Guru bimbingan konseling juga memberikan arahan kepada siswa agar mereka serius dalam mengikuti konseling kelompok, dan guru bimbingan konseling juga memberikan ide-ide sesuai permaslahan yang dialami oleh siswa. (3) Guru bimbingan konseling telah mengevaluasi serta menindaklanjuti sesuai permasalahan siswa. Temuan penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat siswa mengikuti konseling kelompok di SMK Negeri 3 Pekanbaru adalah (1) Faktor pendukung seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yang pendidikannya 2 orang S1 BK dan 1 orang non BK. (2) Guru BK sudah berpengalaman menjadi guru BK, karna sudah lebih 10 tahun menjadi guru BK serta kerjasama guru BK dengan kepala sekolah serta guru mata pelajaran baik, dan saling melengkapi dalam pelaksanaan layanan BK dan siswa juga menunujukkan keterbukaan terhadap guru BKnya saat dikonseling guru BK. Faktor penghambat seperti (1) Sarana BK yang belum memadai dan tidak adanya jam khusus BK. (2) Ruang BK ukurannya relatif kecil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18091 |
Actions (login required)
View Item |