Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

AZZAHROTUL HASANAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017644PK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017644PK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017644PK.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017644PK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017644PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017644PK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017644PK.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017644PK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017644PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017644PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017644PK.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 12 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thitung sebesar 2,61, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,66, sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learing (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan koefisien pengaruh (KP) sebesar 8%. . Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:19
Last Modified: 23 Aug 2019 07:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item