AZZAHROTUL HASANAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017644PK.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017644PK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017644PK.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017644PK.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017644PK.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017644PK.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017644PK.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017644PK.pdf Download (595kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017644PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017644PK.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017644PK.pdf Download (429kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2017 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 12 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata kedua kelas diperoleh thitung sebesar 2,61, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,66, sehingga thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learing (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dengan koefisien pengaruh (KP) sebesar 8%. . Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 07:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 07:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18008 |
Actions (login required)
View Item |