Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE MEMBACA KRITIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

DINNI ISMAYA (2017) PENERAPAN METODE MEMBACA KRITIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017635PGMI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017635PGMI.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017635PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017635PGMI.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017635PGMI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017635PGMI.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017635PGMI.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017635PGMI.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017635PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017635PGMI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017635PGMI.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode membaca kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinag Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinag Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinag Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode membaca kritis untuk dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tekinik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis deskrptif, dengan F mengguanakan rumus x100% P  N Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode membaca kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 54,54% atau 12 orang siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,18 atau 15 orang siswa yang tuntas. dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86,36 atu 19 orang siswa yang telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan, yaitu 70. Dengan demikian metode membaca kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:50
Last Modified: 21 Aug 2019 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item