AULIA IZZATI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN STRATEGI MENINJAU KESULITAN PADA MATERI PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVR_2017626PGMI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017626PGMI.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017626PGMI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
4. PNGHARGAAN_2017626PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017626PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017626PGMI.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017626PGMI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017626PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017626PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017626PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017626PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan penerapan Strategi Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 45,45%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,18%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri016Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:25 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17848 |
Actions (login required)
View Item |