AURIZA MAULANA (2017) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MENGUASAI PELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017625PGMI.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017625PGMI.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017625PGMI.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017625PGMI.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017625PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017625PGMI.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017625PGMI.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017625PGMI.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB V_2017625PGMI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2017625PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi permainan menguasai pelajaran di kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, hal ini terlihat kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran seperti siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan ketika dilakukan diskusi siswa kurang aktif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian iniadalah penerapan strategi permainan menguasai pelajaran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi permainan menguasai pelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat motivasi belajar siswa sebelum tindakan hanya 61%. Setelah menerapkan strategi permainan menguasai pelajaran pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat menjadi 72%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 80%. Artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan menguasai pelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Kata Kunci : Penerapan /Strategi Permainan Menguasai Pelajaran /Motivas Belajar Siswa /Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:23 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17845 |
Actions (login required)
View Item |