SELVI ISLAMI, 11318202770 (2017) PENGGUNAAN MEDIA BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media batang cuisenaire pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media batang cuisenaire untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media batang cuisenaire dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 56.67% atau 17 orang siswa yang tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penggunaan media batang cuisenaire pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 70% atau 21 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 83.33% atau 25 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media batang cuisenaire dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Media, Batang Cuisenaire, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 02:36 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 02:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17646 |
Actions (login required)
View Item |