Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA PAYUNG NEGER

FAKHRUR ROZI, 11215100189 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA PAYUNG NEGER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Payung Negeri di Kabupaten Siak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi vektor. Pengembangan bahan ajar berupa modul mengikuti model pengembangan Dick dan Carey. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Payung Negeri di Kabupaten Siak tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMKS Payung Negeri. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan modul matematika berbasis Project Based Learning (PjBL) serta kelas TKR (Teknik Kendaraan Ringan) sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah modul matematika berbasis Project Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid ( ) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas eksperimen memperoleh dan kelas kontrol memperoleh . Hal tersebut menunjukkan bahwa modul matematika berbasis Project Based Learning ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Model Project Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:44
Last Modified: 19 Aug 2019 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item