HAYATUN NUPUS, 11215204184 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (750kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya sumber dalam proses pembelajaran serta masih lemahnya kemampuan siswa dalam berpikir kreatif. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan terhadap sumber pembelajaran berupa LKS untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan bulat MTs kelas VII. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan LKS yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan diadaptasi dari model Plomp meliputi fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi serta fase tes, evaluasi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan penilaian LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dari ahli materi adalah valid dengan persentase 86,5%. Penilaian LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dari ahli teknologi adalah valid dengan persentase 85%. Penilaian LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dari uji coba kelompok kecil adalah praktis dengan persentase 76,14%, dan penilaian LKS matematika berbasis penemuan terbimbing dari uji coba kelompok terbatas menunjukkan respon positif yaitu dengan persentase kepraktisan 80,14%. Setelah menggunakan LKS Matematika Berbasis penemuan terbimbing kemampuan berpikir kreatif matematis siswa bisa terfasilitasi terbukti dengan nilai rata-rata hasil evaluasi kemampuan berpikir kreatif lebih besar dari pada nilai KKM yang berlaku di sekolah. Dengan demikian, penelitian ini sudah menghasilkan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: LKS, Penemuan Terbimbing, Berpikir Kreatif Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 03:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2019 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17487 |
Actions (login required)
View Item |