Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTEK JUAL BELI SUMBER MATA AIR SIKUMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI DESA PULAU SARAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR)

MUHAMMAD RIZAL (2018) PRAKTEK JUAL BELI SUMBER MATA AIR SIKUMBANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI DESA PULAU SARAK KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 2018120TES_COVER DALAM RIZAL.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2018120TES_Pengesahan.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 2018120TES_Kata Pengantar.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 2018120TES_DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 2018120TES_ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 2018120TES_BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 2018120TES_BAB II.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 2018120TES_BAB III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
9. 2018120TES_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
10. 2018120TES_BAB V.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 2018120TES_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Air adalah ciptaan Tuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia di dunia, karenanya pemanfaatan air bersih harus didasarkan oleh rasa tanggung jawab dan sepenuhnya untuk kesejahteraan umat manusia. Sebagai agama yang mempunyai predikat rahmatan lil ‘alamin, Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk selalu berinteraksi dengan lingkungan secara baik. Hal ini karena Allah SWT telah menciptakan alam semesta untuk manusia agar dipergunakan sebaik-baiknya demi perbaikan kualitas dan kesejahteraan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui praktek jual beli sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dalam perspektif ekonomi Islam, 2) manajemen pengelolaan air dari sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dan 3) kendala yang dialami dalam mengelola usaha jual beli sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Lokasi penelitian ini dilakukan pada sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yang terletak di Jalan Raya PekanbaruBangkinang KM 47. Key informan dalam penelitian ini yaitu pemilik Usaha Air Sikumbang sebnyak 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek jual beli sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam secara keseluruhan karena dilatar belakangi tidak adanya pengawasan terhadap pelanggaran akad jual beli yang telah ditetapkan oleh al-Qur’an dan sunnah. Manajemen pengelolaan air dari sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar secara teknis keberlanjutan pengelolaan sumberdaya air bisa berjalan dengan baik. Tetapi karena manajemen pengelolaan tidak dikelola secara maksimal maka banyak saluran yang sudah mulai rusak dan tidak dilakukan perbaikan-perbaikan. Kendala yang dialami dalam mengelola usaha jual beli sumber mata air sikumbang di Desa Pulau Sarak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yaitu: kekurangan modal untuk mengelola bisnis jual beli air sikumbang tersebut. Keterbatasan modal baik pemilik maupun pengecer dalam memproduksi dan menyalurkan air ke masyarakat. Di samping itu, belum adanya aturan yang jelas dalam memasarkan usaha air sikumbang ini sehingga persaingan bisnis yang tidak sehat bisa dihindari. Serta masih terbatasnya peralatan yang dimiliki oleh pengusaha air minum sikumbang. Kata Kunci: Jual Beli, Akad, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 16 Aug 2019 09:53
Last Modified: 16 Aug 2019 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17480

Actions (login required)

View Item View Item