Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU

LIANA DEVI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017544PMT.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017544PMT.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017544PMT.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017544PMT.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017544PMT.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017544PMT.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017544PMT.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017544PMT.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017544PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017544PMT.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017544PMT.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney (U-Test) untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 2)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar tinggi dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 3)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar sedang dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 4)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar rendah dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol. Dengan demikian secara umum metode pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemandirian belajarsiswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata kunci : Metode Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:33
Last Modified: 16 Aug 2019 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item