LIANA DEVI (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017544PMT.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017544PMT.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017544PMT.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017544PMT.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017544PMT.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017544PMT.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017544PMT.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017544PMT.pdf Download (764kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017544PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017544PMT.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017544PMT.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar pada siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney (U-Test) untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 2)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar tinggi dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 3)terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar sedang dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol, 4)tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar rendah dengan perbedaan rata-rata tes untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol. Dengan demikian secara umum metode pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemandirian belajarsiswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata kunci : Metode Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:33 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17456 |
Actions (login required)
View Item |