Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIKPLUS-MINUS-INTERESTING DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUMBUK KEMANG KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

IRDA YANI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIKPLUS-MINUS-INTERESTING DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LUMBUK KEMANG KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017539PGMI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER_2017539PGMI.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017539PGMI.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017539PGMI.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017539PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017539PGMI.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017539PGMI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017539PGMI.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017539PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017539PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017539PGMI.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Plus-Minus-Interesting di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lumbuk Kemang Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM sekolah, yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif teknik plus-minus-interesting dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Sebelum tindakan hal ini dapat diketahui hasil belajar siswa hanya mencapai 43,75%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,75%, dan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 84,37%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran aktif plus-minus-interesting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lumbuk Kemang Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Plus-Minus-Interesting, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:16
Last Modified: 16 Aug 2019 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item View Item