Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH WALIKOTA PEKANBARU MELALUI ORGANISASI MASYARAKAT SETEMPAT (OMS) (STUDI KASUSNYA BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI DI KECAMATAN BUKIT RAYA)

WIDYA ANDRIANI, c (2017) EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH WALIKOTA PEKANBARU MELALUI ORGANISASI MASYARAKAT SETEMPAT (OMS) (STUDI KASUSNYA BANTUAN RUMAH LAYAK HUNI DI KECAMATAN BUKIT RAYA). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV (1).pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI (1).pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat yang berbentu perbaikan rumah tidak layak huni merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin yang menempati/mempunyai rumah tidak layak huni dengan tujuan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup/derajat kesehatan masyarakat miskin. Pelaksanaan program bantuan rumah layak huni di sini telah diatur dalam Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembangunan Dinas Perumahan Permukiman dan Cipta Karya dengan Pola Pemberdayaan Masyarakat mulai dari kepanitiaan, mekanisme pengajuan bantuan dan mekanisme pencairan bantuan, yang mana melibatkan komponenkomponen sumber daya perumahan dan permukiman secara luas dan integrati dan juga melibatkan Organisasi Masyarakatnya. Evaluasi program Bantuan rumah layak huni di Kota Pekanbaru ini dilakukan untuk melihat sejauh mana keberhasilan program tersebut, dengan menggunakan indikator dan tolok ukur yang telah ditentukan Sehingga dengan adanya evaluasi program Bantuan rumah layak huni di Kota Pekanbaru yang terkhusus di Kecamatan Bukit Raya ini dapat memberikan informasi serta rekomendasi/usulan pengembangan program ini. Hasil dari studi evaluasi ini menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan program yang sudah cukup sesuai dengan kriteria pelaksanaan program hanyalah terkendala di beberapa hal seperti kurang pemahaman atau kesadaran masyarakat untuk tidak gengsi atau malu mengusul jika mereka berhak untuk mendapatkan. Sejauh ini program yang sudah dijalankan Tujuan program sudah mulai tercapai atau dengan kata lain sudah membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup/derajat kesehatan masyarakat miskin. Efisiensi pelaksanaan program, belum sepenuhnya efisien karena masih ada kekurangan yang terjadi dalam Kegiatan ini. Kecukupan pelaksanaan program yang dinilai dari keberhasilan program berdasarkan aspek fisik, ekonomi, dan sosial sudah cukup baik. Berdasarkan kesimpulan studi, rekomendasi dalam upaya perbaikan pelaksanaan program adalah dengan peningkatan kerjasama antar dinas pemerintahan maupun lembaga non pemerintahan secara terpadu, dalam bentuk kerjasama program-program fisik seperti bantuan rumah maupun sarana prasarana lain dengan program-program peningkatan ekonomi, namun pelaksanaannya tetap melibatkan masyarakat dengan dikoordinatori lembaga keswadayaan masyarakat itu sendiri. Keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program dari pemerintah perlu ditingkatkan sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan rumah sehat serta selalu terlibat dalam kegiatan pengelolaan lingkungan perumahan. Monitoring dan evaluasi secara periodik juga perlu dilakukan, agar dapat memberikan umpan balik dalam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 15 Aug 2019 03:16
Last Modified: 15 Aug 2019 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item View Item