STRATEGI PEMASARAN PAKET IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH DI PT. SELA EXPRESS TOUR KOTA PEKANBARU

Vivi Nurul Afidah, - (2019) STRATEGI PEMASARAN PAKET IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH DI PT. SELA EXPRESS TOUR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
10. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji, tetapi di sisi lain, karena adanya pembatasan kuota haji, maka tidak semua orang bisa langsung berangkat haji pada tahun berjalan, yang disebabkan panjangnya daftar antrian di Indonesia atau yang sering disebut dengan daftar tunggu (waiting list) yang berkisar 15-20 tahun. Karena adanya sistem waiting list, masyarakat indonesia lebih memilih untuk melakukan ibadah umroh terlebih dahulu dan melaksanakan haji di penyelenggara haji khusus. Permasalahan dalam hal ini adalah hadirnya travel haji dan umroh yang semakin menjamur sehingga menimbulkan persaingan dalam sektor penyedia jasa layanan umroh dan haji khusus, hal ini menunut perusahaan penyedia jasa perjalanan haji dan umroh tersebut harus meningkatkan strategi pemasaran yang lebih baik unggul dan terpercaya, untuk merebut dan menguasai pasar dalam merekrut jamaah haji maupun umroh. Penelitian ini dilakukan di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Kota Pekanbaru. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, yang terdiri dari dua orang pimpinan dan tiga orang karyawan Selatour. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian data diatas, dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran paket ibadah haji dan umroh dalam merekrut jamaah di PT. Sela Express Tour Kota Pekanbaru dengan menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix, pertama melalui produk. Kedua, melalui harga. Ketiga, melalui distribusi. Keempat, melalui promosi. Dari penerapan strategi pemasaran tersebut PT. Sela Express Tour berhasil merekrut jamaah umroh dan haji plus dan terus meningkat dalam setiap tahunya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Paket Ibadah Haji dan Umroh, Jamaah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:52
Last Modified: 14 Aug 2019 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item View Item