PENGARUH KECAKAPAN MANAJERIAL DAN EARNING POWER TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015)

NOVERY DWI LESTARI, (2017) PENGARUH KECAKAPAN MANAJERIAL DAN EARNING POWER TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN BATUBARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2015). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Kecakapan manajerial, earning power terhadap praktik manajemen laba dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama tahun 2012-2015. Penelitian ini menggunakan data sekunder Bursa Efek Indonesia dengan populasi perusahaan manufaktur sektor pertambangan batubara. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan manufaktur sektor Pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang terdirin dari uji normalitas, uji multikonealitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t dan uji F. Bedasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba adalah kecakapan manajerial sedangkan earning power tidak berpengaruh terhadap praktik manajemen laba dan variabel moderasi kepemilikan manajerial tidak mampu memoderasi hubungan kecakapan manajerial dan earning power terhadap praktik manajemen laba. Pengujian secara simultan atau bersama-sama kecakapan manajerial, earning power, kepemilikan manajerial dan interaksi antara x1 x2 x3 tidak berpengaruh secara simultan terhadap praktik manajemen laba. Dari hasil uji determinasi (R ) pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 6,7% terhadap praktik manajemen laba, sedangkan sisanya 93,3% praktik manajemen laba dijelaskan oleh variabel yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kecakapan Manajerial, Earning Power, Kepemilikan Manajerial, Praktik Manajemen Laba 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:31
Last Modified: 13 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

View Item View Item