MARKET BASKET ANALYSISPADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

M.IQBAL, (2018) MARKET BASKET ANALYSISPADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018492SIF.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018492SIF.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018492SIF.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018492SIF.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018492SIF.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018492SIF.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018492SIF.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018492SIF.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018492SIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018492SIF.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018492SIF.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Sentral Keleksi Indonesia (SKI) merupakan sebuah toko pakaian yang menjual dan memproduksi busana muslim dan muslimah, pakaian haji dan umroh, mahar, perlengkapan sholat, dan aksesoris. Dari laporan penjualan yaitu salinan struk penjualan dan nota penjualan pada tahun 2017 terdapat 1268 transaksi yang terjadi dengan pendapatan rata-rata kurang lebih Rp 400.000.000,00 tiap tahunnya. Setiap harinya data transaksi akan semakin bertambah dan apabila dibiarkan begitu saja hanya akan menjadi tumpukan data. Untuk itu perlu dilakukan analisa mendalam terhadap data transaksi untuk memperoleh informasi mengenai pola pembelian konsumen. Market basket analysis adalah suatu metodologi untuk melakukan analsis buying habit konsumen dengan menemukan asosiasi antara beberapa item yang berbeda yang diletakkan konsumen dalam shopping basket. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pola belanja konsumen berdasarkan kebiasaan belanja sebagai rekomendasi penyusunan tata letak dan strategi bisnis menggunakan algoritma apriori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara item gamis dan jilbab dengan nilai support dan confiden cetertinggi yaitu pada perhitungan data minimal 1 item diperoleh support 10,02% dan confidence 44,10%, dan perhitungan data minimal 2 item dengan nilai support sebesar 24,19% dan confidence sebear 63,18%. Selain item gamis dan jilbab ada beberapa item yang memenuhi minimum support dan minimum confidence yaitu item baju koko dan peci dengan support sebesar 10,28% dan confidence44,26%, item jilbab dan anak jilbab dengan support sebesar 10,28% dan confidence71,05%. Dari hasil tersebut dapat dijadikan rekomendasi untuk penyusunan tata letak barang pada sentral koleksi indonesia dengan meletakkan barang secara berdekatan. Kata Kunci: Apriori, Market Basket Analysis, Sental Koleksi Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:54
Last Modified: 30 Jul 2019 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16970

Actions (login required)

View Item View Item