M.IQBAL (2018) MARKET BASKET ANALYSISPADA SENTRAL KOLEKSI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018492SIF.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018492SIF.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018492SIF.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018492SIF.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018492SIF.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018492SIF.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018492SIF.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018492SIF.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018492SIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018492SIF.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018492SIF.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Sentral Keleksi Indonesia (SKI) merupakan sebuah toko pakaian yang menjual dan memproduksi busana muslim dan muslimah, pakaian haji dan umroh, mahar, perlengkapan sholat, dan aksesoris. Dari laporan penjualan yaitu salinan struk penjualan dan nota penjualan pada tahun 2017 terdapat 1268 transaksi yang terjadi dengan pendapatan rata-rata kurang lebih Rp 400.000.000,00 tiap tahunnya. Setiap harinya data transaksi akan semakin bertambah dan apabila dibiarkan begitu saja hanya akan menjadi tumpukan data. Untuk itu perlu dilakukan analisa mendalam terhadap data transaksi untuk memperoleh informasi mengenai pola pembelian konsumen. Market basket analysis adalah suatu metodologi untuk melakukan analsis buying habit konsumen dengan menemukan asosiasi antara beberapa item yang berbeda yang diletakkan konsumen dalam shopping basket. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pola belanja konsumen berdasarkan kebiasaan belanja sebagai rekomendasi penyusunan tata letak dan strategi bisnis menggunakan algoritma apriori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara item gamis dan jilbab dengan nilai support dan confiden cetertinggi yaitu pada perhitungan data minimal 1 item diperoleh support 10,02% dan confidence 44,10%, dan perhitungan data minimal 2 item dengan nilai support sebesar 24,19% dan confidence sebear 63,18%. Selain item gamis dan jilbab ada beberapa item yang memenuhi minimum support dan minimum confidence yaitu item baju koko dan peci dengan support sebesar 10,28% dan confidence44,26%, item jilbab dan anak jilbab dengan support sebesar 10,28% dan confidence71,05%. Dari hasil tersebut dapat dijadikan rekomendasi untuk penyusunan tata letak barang pada sentral koleksi indonesia dengan meletakkan barang secara berdekatan. Kata Kunci: Apriori, Market Basket Analysis, Sental Koleksi Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 04:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 04:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16970 |
Actions (login required)
View Item |