PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR

Ilham Syafni, - (2019) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. PENGHARGAAN.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar aktivitas belajar siswa yang rendah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Divissions (STAD) dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu peneliti yang berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran, dan menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divissions dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan persentase 64,3 %, Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 60,2 %. Selain itu juga dapat dilihat dari statistik inferensial menggunakan uji mann-whitney dengan hasil yang didapatkan Zhitung sebesar 2, 93 sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,96 sehingga Zhitung>Ztabel (2,93 > 1,96) hasilnya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievment Divissions (STAD) dengan menggunakan Media Index Card Match (ICM) terhadap aktivitas belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievment Divission (STAD), Index Card Match (ICM), Aktivitas Belajar, Struktur Atom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:53
Last Modified: 29 Jul 2019 06:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item