Siti Maryam (2018) Konsep dan Strategi Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Hasan Langgulung. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201863TPAI_COVER.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201863TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201863TPAI_Kata Pengantar.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201863TPAI_Daftar Isi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201863TPAI_ABSTRAK.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201863TPAI_BAB I REVISI.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201863TPAI_BAB II REVISI.pdf Download (725kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201863TPAI_BAB III REVISI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
9. 201863TPAI_BAB IV REVISI.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) |
||
|
Text
10. 201863TPAI_BAB V REVISI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201863TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam dalam keluarga merupakan sarana utama yang harus dioptimalkan dalam mempersiapkan generasi muslim, karena penyelewengan ajaran Islam disebakan oleh jauhnya umat dari metode. Pendidikan Islam, untuk meluruskannya kembali tidak ada jalan lain kecuali dengan Pendidikan Islam pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Hasan Langgulung, Strategi Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Hasan Langgulung dan Relevansi Konsep dengan Strategi Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Hasan Langgulung. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunkan metode Conten Analysis. Adapun sumber sumber primer karya Hasan Langulung, seperi Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, dan Asas asas Pendidikan Islam. Sedangkan sumber skundernya adalah Sebagai data sekunder penulis menelusuri karya-karya orang lain mengenai Hasan Langgulung atau mengenai topik yang diteliti (ensiklopedi, buku sistematis, tematis dan buku-buku yang relevan) yang akan ditempatkan sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil analisa yang penulis lakukan, dapat simpulkan bahwa: 1) Konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Hasan Langgulung adalah millineum pertama dan pendidika pertama dan utama bagi anak berinteraksi dan hubungan-hubungan langsung. Dari sana akan terbentuk kepribadian anak yang akan berpengaruh pada kepribadian anak selanjutnya; 2) Strategi pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung pendidikan adalah sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, yaitu anak menjadi pribadi yang memiliki akhlak mulia, dengan menggunakan strategi, keteladanan, nasehat, perhatian, hukuman, pembiasaan; 3) Relevansi konsep dengan strategi pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung dalam keluarga adalah dengan adanya konsep dan strategi pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung dalam keluarga anak dapat berinteraksi secara langsung, memperoleh bimbingan, ajaran, nilai-nilai, dan pengalaman-pengalaman yang akan menjadi fondasi dasar keprbadiannya, yaitu kepribadian mulia yang merupakan cita-cita dari pendidikan Islam. Memberikan dampak yang baik dalam keluarga, tidak hanya pembentukan kepribadian individu yang insan kamil, melainkan juga memiliki dampak yang besar terhadap masyaratkat. Sebab dari keluargalah akan dihasilkan individu-individu yang akan iwariskan nilai-nilai, kebiasaan dan tradisi masyarakat dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sehingga jika keluarga baik maka masyarakatpun akan baik. Kata kunci: Konsep, Strategi, Pendidikan Islam, Keluarga, Hasan Langgulung
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 06:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16157 |
Actions (login required)
View Item |