Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru

M.IHSAN (2018) Kemampuan Guru PAI Melakukan Penilaian Autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. 201846TPAI_COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201846TPAI_PENGESAHAN.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201846TPAI_KATA PENGANTAR.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201846TPAI_DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201846TPAI_ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201846TPAI_BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201846TPAI_BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201846TPAI_BAB III.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
9. 201846TPAI_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. 201846TPAI_BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 201846TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan guru PAI melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptid kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan guru PAI dalam melakukan penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dinilai pada 3 aspek (1) pada aspek sikap, guru cendrung menggunakan blangko penilaian autentik dari absensi siswa; (2) pada aspek pengetahuan, dalam tes tertulis guru PAI menggunakan bentuk pilihan ganda dan uraian, dalam tes lisan oleh guru PAI melakukan cara dengan langsung, baik secara individu maupun berkelompok, dan bentuk soalnya harus bervariasi serta cara penilaian penugasan dari tugas harian, ulangan, PR, pengayaan dan remedial berdasarkan buku panduan mata pelajaran yang digunakan; dan (3) pada aspek keterampilan, guru PAI melaksanakan unjuk kerja berdasarkan Silabus dan RPP sementara itu dalam penilaian portofolio guru PAI menilai dari tugas-tugas siswa. Kendala yang dihadapi dalam penilaian autentik di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru adalah (1) guru PAI tidak pernah mengikuti pelatihan atau seminar tentang bagaimana cara pelaksanaan dan penggunaan format penilaian autentik sebenarnya; (2) hanya mendapatkan informasi dari teman sejawat cara penggunaan dan pelaksanaanya secara otodidak; (3) terlalu banyaknya yang dinilai; (4) harus memiliki waktu yang maksimal dalam mengolahnya; (5) terlalu banyaknya blangko yang diisi dan disediakan pihak sekolah dan; (6) adanya regulasi atau peraturan menteri yang selalu berubah-rubah. Kata Kunci : Penilaian Autentik

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 11 Jul 2019 08:40
Last Modified: 11 Jul 2019 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item