Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK MIKRO BIOLOGIK SUSU KAMBING PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN JUS DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Roxb)

ARIF BARUDDIN (2018) KARAKTERISTIK MIKRO BIOLOGIK SUSU KAMBING PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN JUS DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius Roxb). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susu merupakan bahan pangan yang tersusun atas berbagai nilai gizidengan proporsi seimbang.Susu kambing memiliki nilai giziyang tinggi,mengandung zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan asam amino esensial. Pasteurisasi merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang masa simpan susu tanpa banyak merubah sifat fisiknya.Faktor penyebab kerusakan susu meliputi faktor kimia, fisik, dan mikrobiologi. Penelitian ini menggunakan jus daun pandan wangi yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik mikrobiologik susu kambing pasteurisasi.Metod eyang digunakan pada penelitian ini rancangan acak lengkap untuk menggunakan total plate count deskripsi untuk sal monella dan Eschericia coli dengan 5perlakuan(P0 = 0%; P1 = 2,5%; P2 = 5,0%; P3 = 7,5%; P4 = 10,0%)dan 4 ulangan. Parameter yang diamati adalah1)Total plate count,2) Eschericia coli,3) Salmonella, dan 4) Anti mikrobadianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan jus daun pandan wangi tidak berpengaruh nyata terhadap total plate count, sedangkan eschericia coli<3.0,salmonella negatif dan anti mikroba tidak terbentuk dan menghambat bakteri eschericia coli. Kesimpulan pada penelitian ini susu kambing dengan penambahan jus daun pandan wangi mampu mempertahankan kualitas mikro biologik,menurut SNI (7388: 2009) yaitu batas maksimum cemaran mikroba dalam pangan ditinjau dari cemaran Total plate count(TPC)5x104koloni/g, Eschericia coli< 3,0 dan Salmonella negatif. Kata kunci:Eschericia coli,susu kambing pasteurisasi,Salmonella, danTotalplate count,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 636 ??
Divisions: ?? per_pet ??
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 02:55
Last Modified: 24 Jul 2019 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item