Abrar Jalil (2018) Konsep Pendidikan Multikultural dalam Perspektif Al-Qur'an. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201833TPAI_COVER.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201833TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201833TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201833TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201833TPAI_ABSTRAK.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201833TPAI_BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. 201833TPAI_BAB 2.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201833TPAI_BAB 3.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
9. 201833TPAI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201833TPAI_BAB 5.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201833TPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Multikulturalisme dalam kehidupan, baik agama, ras, etnisitas, dan pertengkaran atau perselisihan yang sering terjadi di antara sesama manusia dan keragaman memang telah mengangkat beberapa masalah, seperti pertarungan suku, separatisme, dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk menghormati hak Orang lain, kehilangan saling menghormati, cinta, dan cinta antara lain, baik dalam kehidupan beragama, etnis maupun ras. Ada beberapa solusi untuk memecahkan masalah, seperti bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an yang bisa menghilangkan perselisihan dalam kehidupan sosial dan bisa menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam kehidupan sosial. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis membahas bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur'an dan bagaimana al-Qur'an menjelaskan tentang pendidikan multikultural yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat multikultural. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Perpustakaan. Sumber utama dalam penelitian ini adalah referensi yang berkaitan dengan pendidikan multikultural, sedangkan sumber sekunder adalah menulis dan penelitian tentang pendidikan multikultural. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Analisis Isi, dengan langkah-langkah analisis meliputi penentuan unit analisis, pengumpulan data, proses inferensi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman ayat-ayat Alquran tentang pendidikan multikultural yang mempromosikan perkembangan akhlak dan aqidah, dalam pendidikan multikultural, adalah proses pembangunan, seperti proses yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu, subjek, objek dan realisasi. 2) Pemahaman ayatayat Alquran tentang pendidikan multikultural yang mendorong pengembangan saling menghormati heterogenitas dan kemajemukan di antara orang-orang, bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai heterogenitas dan pluralitas, budaya, etnisitas dan agama. Kata kunci: konsep, pendidikan, multikultural, al-Qur'an.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 02:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15538 |
Actions (login required)
View Item |