Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMODELAN DAN SIMULASI PENGENDALI HYBRIDSLIDING MODE CONTROL DAN PID UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN VARIASI 8 PERUBAHAN BEBAN DAN GANGGUAN

DIMAS CARLES SAPUTRA (2018) PEMODELAN DAN SIMULASI PENGENDALI HYBRIDSLIDING MODE CONTROL DAN PID UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN VARIASI 8 PERUBAHAN BEBAN DAN GANGGUAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201877TE.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201877TE.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201877TE.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201877TE.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201877TE.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201877TE.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201877TE.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201877TE.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201877TE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201877TE.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201877TE.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Motor listrik sebagai penggerak sangat berperan penting dalam dunia industri. Salah satu jenis penggerak yang sering digunakan adalah motor induksi 3 fasa. Motor induksi 3 fasa memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan motor lain seperti konstruksinya yang sangat sederhana, harga dan perawatan yang relatif murah, serta tahan terhadap guncangan. Motor induksi 3 fasa juga memiliki kelemahan yaitu tidak mampu mempertahankan kecepatan secara konstan bila terjadi gangguan dan perubahan torsi beban. Maka dibutuhkan pengendali yang kokoh, salah satu pengendali yang kokoh yaitu Sliding Mode Control (SMC). Tetapi, pengendali SMC memiliki kelemahan berupa efek chattering yang dapat menyebabkan error. Oleh karena itu, diperlukan pengendali pengawal untuk mendapatkan kombinasi pengendali yang handal. Pada penelitian ini pengendali SMC dirancang untuk mengendalikan kecepatan motor induksi 3 fasa dan logika PID untuk mengatasi efek chattering. Pengendali Hybrid SMC-PID pada sistem motor induksi 3 fasa dengan 8 beban menunjukan performansi yang baik dengan menggunakan metode trial and error sebagai tuning parameter SMC berupa nilai η dan parameter PID. Hal ini terbukti dari hasil visualisasi dan analitik yang dilakukan. Pengendali Hybrid SMC-PID mampu memberikan respon yang lebih cepat serta kokoh ketika menghadapi gangguan berupa sinyal kendali. Nilai T rata-rata sebesar = 0.5914 , nilai error steady state rata-rata sebesar = 0.2044 dalam kondisi tanpa gangguan dan Nilai T rata-rata sebesar = 0.5914 , nilai error steady state rata-rata sebesar = 0.2229 dalam kondisi diberi gangguan.Kata kunci:Kecepatanmotor induksi 3 fasa,pengendali Knowledge Base-PI, pengendali SMC, pengendali hybridSMC-PID

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 09 Jul 2019 05:51
Last Modified: 09 Jul 2019 05:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item