DIMAS CARLES SAPUTRA (2018) PEMODELAN DAN SIMULASI PENGENDALI HYBRIDSLIDING MODE CONTROL DAN PID UNTUK PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN VARIASI 8 PERUBAHAN BEBAN DAN GANGGUAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201877TE.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201877TE.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201877TE.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201877TE.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201877TE.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201877TE.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201877TE.pdf Download (891kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201877TE.pdf Download (750kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201877TE.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201877TE.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201877TE.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Motor listrik sebagai penggerak sangat berperan penting dalam dunia industri. Salah satu jenis penggerak yang sering digunakan adalah motor induksi 3 fasa. Motor induksi 3 fasa memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan motor lain seperti konstruksinya yang sangat sederhana, harga dan perawatan yang relatif murah, serta tahan terhadap guncangan. Motor induksi 3 fasa juga memiliki kelemahan yaitu tidak mampu mempertahankan kecepatan secara konstan bila terjadi gangguan dan perubahan torsi beban. Maka dibutuhkan pengendali yang kokoh, salah satu pengendali yang kokoh yaitu Sliding Mode Control (SMC). Tetapi, pengendali SMC memiliki kelemahan berupa efek chattering yang dapat menyebabkan error. Oleh karena itu, diperlukan pengendali pengawal untuk mendapatkan kombinasi pengendali yang handal. Pada penelitian ini pengendali SMC dirancang untuk mengendalikan kecepatan motor induksi 3 fasa dan logika PID untuk mengatasi efek chattering. Pengendali Hybrid SMC-PID pada sistem motor induksi 3 fasa dengan 8 beban menunjukan performansi yang baik dengan menggunakan metode trial and error sebagai tuning parameter SMC berupa nilai η dan parameter PID. Hal ini terbukti dari hasil visualisasi dan analitik yang dilakukan. Pengendali Hybrid SMC-PID mampu memberikan respon yang lebih cepat serta kokoh ketika menghadapi gangguan berupa sinyal kendali. Nilai T rata-rata sebesar = 0.5914 , nilai error steady state rata-rata sebesar = 0.2044 dalam kondisi tanpa gangguan dan Nilai T rata-rata sebesar = 0.5914 , nilai error steady state rata-rata sebesar = 0.2229 dalam kondisi diberi gangguan.Kata kunci:Kecepatanmotor induksi 3 fasa,pengendali Knowledge Base-PI, pengendali SMC, pengendali hybridSMC-PID
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 05:51 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 05:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15506 |
Actions (login required)
View Item |