Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA POKOK BAHASAN KOPERASI DI KELAS IVB SDN 005 TAMPAN KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

Diana Asmika (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA POKOK BAHASAN KOPERASI DI KELAS IVB SDN 005 TAMPAN KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011330.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN 005 Tampan Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru setelah mengikuti pelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN 005 Tampan Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang baik, hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas IVB sesudah tindakan, yang mana terjadi peningkatan yang signifikan. Sebelum tindakan mean hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu 63,23 dan siswa yang tuntas hanya 13 orang (38,23 %), kemudian setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I mean hasil belajar siswa yaitu 70,93 dan siswa yang tuntas 23 orang (71,87 %). Sedangkan pada siklus II mean hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,47 dan siswa yang tuntas 30 orang (88,23 %). Hal ini berarti pada kelas IVB SDN 005 Tampan Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru pada pokok bahasan Koperasi sesudah diberikan tindakan mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB pokok bahasan Koperasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:57
Last Modified: 22 Jan 2016 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item