Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LEGUMINOSA MOLASES BLOK (LMB) DENGAN BAHAN PENGISI LIMBAH KULIT ARI BIJI KEDELAI DAN DEDAK PADI DITINJAU DARI KUALITAS FISIK DAN PALATABILITAS

SUNARDI (2018) LEGUMINOSA MOLASES BLOK (LMB) DENGAN BAHAN PENGISI LIMBAH KULIT ARI BIJI KEDELAI DAN DEDAK PADI DITINJAU DARI KUALITAS FISIK DAN PALATABILITAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembuatan Leguminosa Molases Blok (LMB) didasari oleh kurangnya ketersediaan pakan hijauan di musim kemarau. Perlu dilakukan pembuatan pakan alternatif dengan memanfaatkan leguminosa berupa Indigofera sp., limbah hasil pertanian dan agroindustri berupa kulit ari biji kedelai dan dedak padi sebagai bahan pengisi LMB yang dapat menyerap molases dan sumber energi. Dalam penelitian ini kulit ari biji kedelai dan dedak padi dicampur dengan bahan penyusun lainnya seperti molases, Indigofera sp., semen dan mineral mix, yang bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik (bau, warna, rasa dan tekstur) dan tingkat palatabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu pemberian 100% dedak padi dan 0% kulit ari biji kedelai, 50% dedak padi dan 50% kulit ari biji kedelai serta 0% dedak padi dan 100% kulit ari biji kedelai.Hasilpenelitian ini menunjukkanLMB dengan bahan pengisi kulit ari biji kedelai dan LMB berbahan pengisi kulit ari biji kedelai dan dedak padi tidak berpengaruh nyata (P > 0,05) terhadap kualitas fisik bau, rasa dan tekstur LMB.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa LMB dengan bahan pengisi kulit ari biji kedelai dan LMB berbahan pengisi kulit ari biji kedelai dan dedak padi memiliki kualitasfisik yang sama baiknya denganLMB berbahan pengisi dedak padidan kualitas fisik LMB berupa warna memiliki kualitas fisik yang lebih rendah. Tingkat palatabilitas ternak terhadap LMB dengan rataan tertinggi ditunjukkan oleh LMB dengan bahan pengisi 100% kulit ari biji kedelai dengan rataan konsumsi sebanyak 46,48 g/ekor/3 jam.Kata kunci: LMB, kulit ari biji kedelai, dedak padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 636 ??
Divisions: ?? per_pet ??
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 05:01
Last Modified: 04 Jul 2019 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15126

Actions (login required)

View Item View Item