ANALISA USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE HEURISTIC(Studi Kasus: Sistem Informasi Manajemen Akademik Universitas Islam Riau)

ANDRI RAHMAT, (2018) ANALISA USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE HEURISTIC(Studi Kasus: Sistem Informasi Manajemen Akademik Universitas Islam Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018293TIF.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018293TIF.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018293TIF.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2018293TIF.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018293TIF.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018293TIF.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018293TIF.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018293TIF.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018293TIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018293TIF.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018293TIF.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Universitas IslamRiau merancang sistem informasi yang diberi nama sistem informasi manajemen akademik Universitas Islam Riau (SIMAK UIR) yang bertujuan untuk mengelola data akademik kampus. Telah resmi digunakan mulai tahun 2014 banyak terjadi pengaduan yang disampaikan pengguna. Pengaduan berisikan keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna mengenai kinerja sistem, seperti proses pengiriman kode verifikasi loginsering lama terkirim, pengguna kesulitan dalam menginputkan nilai dan beberapa kendala lainnya. Kendala-kendala seperti ini akan mempengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan sistem. Menggunakan metode User Experience Heuristics oleh Lenna Arhippainen untuk menganalisis pengalaman yang dirasakan pengguna terhadap sistem. metode ini memiliki 10 kriteria yang dapat mengukur setiap aspek pengalaman pengguna dengan baik. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang disebar kepada 27 dosen, 12 admin prodi, 9 operator IT fakultas sehingga menghasilkan data berupa pengalaman pengguna yang selanjutnya dianalisa. Hasil persentase tiap kriteria pada kuesioner yang diajukan kepada responden berada di predikat “Cukup” (untuk predikat yang sering muncul). Ini menandakan bahwa SIMAK UIR memiliki tinggkat user experience yang baik.Kata Kunci: Human Computer Interaction, User Experience, User Experience Heuristics, User Interface

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:45
Last Modified: 04 Jul 2019 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item