Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN GANTI RUGI TERHADAP PEMBELIAN CARTRIDGE (TINTA PRINTER) YANG RUSAK AKIBAT CACAT TERSEMBUNYI DI TOKO KOMPUTER STAR COM PEKANBARU

MOH RUSLI (2018) PELAKSANAAN GANTI RUGI TERHADAP PEMBELIAN CARTRIDGE (TINTA PRINTER) YANG RUSAK AKIBAT CACAT TERSEMBUNYI DI TOKO KOMPUTER STAR COM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018390IH.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018390IH.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018390IH.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018390IH.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018390IH.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018390IH.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018390IH.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018390IH.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV__2018390IH.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018390IH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018390IH.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018390IH.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Sehubungan dengan adanya beberapa pembeli yang mengeluh karena cartridge (tinta printer) yang dibeli tersebut ketika dipasang rusak. Tentunya si pembeli datang lagi ke Toko Komputer Star Com dan memberitahukan tentang keluhannya, namun pihak toko mengatakan bahwa barang yang berada dalam kemasan dan disegel tidak menjadi tanggung jawabnya, tetapi apabila mau mengajukan keberatan harus ke pusat grosirnya di Jakarta, dengan cara menyerahkan barang yang rusak dan bon pembelian, karena syarat tersebut akan dikirim kepada distributor pemasuk barang, dan pembeli harus menunggu pengiriman kembali barang yang lain sebagai penggantinya. Dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana proses ganti rugi terhadap pembelian Cartridge (Tinta Printer) yang rusak akibat cacat tersembunyi di Toko Komputer Star Com Pekanbaru, dan apa hambatan yang dialami oleh pembeli ketika mengajukan keberatan kepada pihak penjual. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis sosiologis yaitu dengan cara melakukan survey langsung kelapangan untuk mengumpulkan data primer dan disertai data sekunder yang di dapatkan langsung dari responden melalui wawancara, untuk dijadikan data atau informasi sebagai bahan dalam penulisani ni. Sedangkan sifat penelitian ini deskriptif yaitu menggambarkan secara rinci tentang proses pengajuan ganti kerugian terhadap Cartridge yang rusak akbat cacat tersembunyi di Toko Komputer Star Com Pekanbaru. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa, proses ganti rugi terhadap pembelian Cartridge (Tinta Printer) yang rusak akibat cacat tersembunyi di Toko Komputer Star Com Pekanbaru adalah, pembeli mengembalikan barang yang rusak tersebut kepada penjual (Toko Star Kom), dan pihak toko mengirim lagi cartridge yang rusak tersebut kepada pihak distributor, dan pihak pembeli menunggu penggantian cartridge yang baru setelah dikirim lagi oleh pihak distributor kepada pihak penjual. Proses ganti rugi yang diterima oleh pembeli tidak dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk penggantian barang yang baru oleh pihak distributor. Sedangkan hambatan yang dialami oleh pembeli ketika mengajukan keberatan kepada pihak penjual, antaral lain adalah apabila pengembalian barang yang rusak tersebut terlalu lama maka pihak penjual tidak dapat menerima lagi, dengan alasan pihak distributor tidak dapat lagi menerima apabila bon pembelian juga tidak dilampirkan. Kemudian juga apabila segel tempat penyuntik tinta sudah dibuka, juga tidak dapat diterima oleh penjual. Di samping itu kendalanya juga pembeli harus menunggu dalam jangka waktu yang tidak dapat dipastikan, sehingga pembeli merasa posisinya sangat lembah karena hanya mengikuti apa yang disampaikan oleh penjual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:31
Last Modified: 02 Jul 2019 08:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14722

Actions (login required)

View Item View Item