Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR

MELDA NURHIDAYAH ISLAMI (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181142PGMI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181142PGMI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181142PGMI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181142PGMI.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181142PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181142PGMI.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181142PGMI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181142PGMI.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181142PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181142PGMI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181142PGMI.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar dengan Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak siswa yang belum bisa membaca dan tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 74. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik dan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini dapat di lihat sebelum tindakan hanya mencapai 55,56% atau tergolong “Kurang Mampu”. Setelah dilakukan tindakan padasiklus I, hasil kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 62,96% atau tergolong “Cukup Mampu”. Pada siklus II hasil kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 74,07% atau tergolong “Cukup Mampu”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik, Kemampuan Membaca Siswa, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:10
Last Modified: 02 Jul 2019 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item