ILDILA RAHMI (2018) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181099PAI.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181099PAI.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181099PAI.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181099PAI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181099PAI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181099PAI.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181099PAI.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181099PAI.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181099PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181099PAI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181099PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa ada tidaknya pengaruh keterampilan guru menjelaskan pelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan keterampilan guru menjelaskan pelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa siswi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh keterampilan guru menjelaskan pelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 55 orang. Dalam penelitian penulis mengambil keseluruhan jumlah siswa sebagai sampel yang ditarik dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi serial. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh nilai r (pearson correlation) sebesar 0,784 yang berarti r hitung lebih besar daripada r tabel pada tarif signifikan 5% (0,273) maupun pada taraf signifikan 1% (0,354) atau (0,273<0,784>0,354). Maka dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan keterampilan guru menjelaskan pelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Timur Kabupaten Kampar. Besar persentase pengaruh keterampilan guru menjelaskan pelajaran terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah sebesar 55% sedangkan sisanya sebesar 45% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Keterampilan Guru Menjelaskan Pelajaran, Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 01:54 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 01:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14561 |
Actions (login required)
View Item |