TIYA RAHMAWATI (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181066PK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181066PK.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181066PK.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181066PK.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181066PK.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181066PK.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181066PK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181066PK.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181066PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181066PK.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181066PK.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing di kelas XI MS SMA Negeri Plus Provinsi Riau terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia, khususnya materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MS 3 sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji-t. berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,34, pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel= 2,02 dan menunjkkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen 1, dengan model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen 2 pada materi koloid kelas XI SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari persentase nilai rata-rata keseluruhan dari indikator berpikir kritis yang berasal dari persentase nilai ratarata setiap indikator kemampuan berpikir kritis dari kedua model pembelajaran yaitu persentase nilai rata-rata keseluruhan model Problem Based Learning sebesar 86,75% dan persentase nilai rata-rata model Inkuiri Terbimbing sebesar 81,34%. Berdasarkan perbedaan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa daripada model Inkuiri Terbimbing. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, koloid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 04:25 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 04:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14474 |
Actions (login required)
View Item |