DIKI RIZALDI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181043PMT.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181043PMT.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181043PMT.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181043PMT.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181043PMT.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181043PMT.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181043PMT.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181043PMT.pdf Download (791kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181043PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181043PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181043PMT.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakana dalah Pretest-Posttest Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 dan VII.4 SMP Negeri 25 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan pengetahuan awal matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung. (2) Terdapat kontribusi antara pengetahuan awal matematika dengan pemecahan masalah matematis. (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan pengetahuan awal matematika terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berpengaruh terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa SMP Negeri 25 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 02:34 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 02:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14436 |
Actions (login required)
View Item |