Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN SISTEM ASSESSMENT KEAMANAN INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO 27001 (Studi Kasus: RSUD Arifin Achmad)

AGUNG SURYA LESMANA (2018) PERANCANGAN SISTEM ASSESSMENT KEAMANAN INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN FRAMEWORK ISO 27001 (Studi Kasus: RSUD Arifin Achmad). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar layanan publik di pemerintahan belum menerapkan suatu kerangka kerja berbasis keamanan informasi pada proses bisnis mereka. Salah satunya adalah RSUD Arifin Achmad. Keamanan informasi menjadi sesuatu yang harus diperhatikan mengingat pentingnya aspek kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan layanan dan informasi di RSUD Arifin Achmad sebagai layanan publik. Salah satu standar yang dapat digunakan untuk menganalisis tingkat keamanan informasi di organisasi adalah ISO 27001 dan standar ini telah dipersiapkan untuk memberikan persyaratan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi. Penelitian ini mengukur nilai risiko pada aset dan tingkat kematangan penerapan teknologi informasi yang menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI). Proses penilaian menggunakan metode umum penilaian keamanan informasi dan didasarkan pada ISO 27001 yang merupakan standar yang secara khusus membahas keamanan informasi. Dari proses penilaian, diketahui bahwa tingkat kematangan sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) di RSUD Arifin Achmad berada pada Level 1 (reaktif), yang berarti manajemen mengetahui ada sesuatu yang harus diselesaikan. Kelemahan teknis dan non-teknis belum diidentifikasi dengan baik. Tanggung jawab dari pihak yang terlibat pada operasional rumah sakit masih rendah. Kata Kunci: Penilaian Risiko, Sistem Manajemen Keamanan Informasi(SMKI), ISO 27001,Tingkat Kematangan, CMMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? tek_ilterap ??
Divisions: ?? st_it ??
Depositing User: Users 14631 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:22
Last Modified: 01 Aug 2019 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item