Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pembinaan Keagamaan Terhadap Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Junhadi (2018) Pembinaan Keagamaan Terhadap Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan keagamaan merupakan dasar utama untuk membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Untuk merealisasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan perlu adanya suatu pembinaan keagamaan yang diadakan terus menerus terhadap generasi muda dalam hal ini mahasiswa. Adanya perubahan tingkah laku dan peningkatan kemampuannya dalam bidang agama menjadi tolak ukur berhasilnya pembinaan keagamaan. Namun berdasarkan studi pendahuluan terdapat juga gejala-gejala yaitu: Masih kurang memahami tentang rukun Iman dan rukun Islam yang merupakan pondasi seorang muslim, sehingga masih terdapat tahayul dan khurafat di kalangan mahasiswa, masih belum memahami secara sempurna kafiat/ tata cara pelaksanaan ibadah sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah, seperti pelaksanaan thaharah, wudhu’ dan tayamum serta pelaksanaan sholat, dan masih ditemukannya mahasiswa melanggar kode etik terutama adab berpakaian dan pergaulan yang masih ikhtilat. Berdasarkan hal di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian, dimana penilitian ini bertujuan menggambarkan pembinaan keagamaan terhadap mahasiswa yang dilakukan oleh suatu badan yang bertugas dalam hal ini. Pembinaan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang dicapai dari pembinaan keagamaan terhadap mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan mengungkap realitas dan aktualitas mengenai pembinaan keagamaan terhadap mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah diadakan penelitian, maka hasil penelitian menjelaskan bahwa pembinaan keagamaan terhadap mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sudah terlaksana sebagaimana mestinya, dan pelaksanaannya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya dukungan dari tenaga pembina yang profesional dan pimpinan fakultas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? PAI ??
Depositing User: Users 14630 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:50
Last Modified: 26 Jun 2019 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item