MUHAMMAD FIKRI FARID (2018) PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN CV. FATHUR SARANA CHEMICAL DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201852EI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201852EI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201852EI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_201852EI.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201852EI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201852EI.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201852EI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201852EI.pdf Download (861kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201852EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201852EI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201852EI.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk akan mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Harga merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan seringkali digunakan oleh konsumen sebagai dasar pertimbangan tertarik atau tidak terhadap suatu produk. CV. Fathur sarana chemical telah memberikan harga yang terbaik bagi konsumennya, namun dari data tahun 2016 terjadi fluktuasi terhadap jumlah konsumen setiap bulannya, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Fathur sarana chemical. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Fathur sarana chemical, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap harga dan keputusan pembelian pada CV. Fathur sarana chemical. Penelitian ini dilakukan di CV. fathur sarana chemical yang berlokasi di Jalan HR. Soebrantas km. 11 simpang tabek gadang, Kota Pekanbaru, Riau. Sampel dalam penelitian ini adalah 78 orang yaitu konsumen yang membeli produk di CV. Fathur Sarana Chemical, dengan pengambilan sample menggunakan Accidental Sampling yaitu teknik memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu melakukan uji statistik. Untuk menganalis data, peneliti menggunakan uji instrument penelitian dan uji hipotesa penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa seluruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan penjelasan sebagai berikut, Persamaan regresi yang diperoleh, yaitu Y= 6,891 + 0,667X arti dari persamaan tersebut nilai konstanta (a) sebesar 6,891. Artinya adalah jika harga diasumsikan nol (0) maka keputusan bernilai 6,891. Nilai regresi harga sebesar sebesar 0,667. Artinya setiap peningkatan keputusan sebesar 1 satuan, maka akan meningkatkan harga sebesar 0,667 dengan variabel lain tetap. Untuk hasil Uji hiptotesis dengan menggunakan uji t pada tabel sig 1% diperoleh angka 2,37642 dan angka pada tabel sig 5 % 1,66515, sedangkan hasil penelitian diperoleh angka t hitung sebesar 9,387 sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut sig 1% (2,37642) < 9,387 > sig 5% (1,66515) setelah dihubungkan dengan tabel tafsir korelasi maka penelitian 9,387 dikategorikan sangat signifikan, sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, di mana terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen CV. Fathur Sarana Chemical berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk Uji Koefisien Determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa 53,7% perubahan nilai variabel dependen Y (keputusan) dipengaruhi oleh variable X (harga). Selebihnya sebesar 46,3% perubahan nilai variabel dependen Y (keputusan) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui nilai R sebesar 0.733, artinya korelasi antara variabel harga dengan variabel keputusan pembelian memiliki hubungan yang tinggi atau kuat. Menurut tinjauan ekonomi syariah keputusan pembelian produk oleh konsumen pada CV. Fathur Sarana Chemical sesuai dengan nilai-nilai syariah, karena harga yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta pembelian konsumen bertujuan bukan untuk bermegah-megah atau melakukan pemborosan melainkan dijadikan sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan hajiyat (sekunder) yaitu kebutuhan yang dapat menghilangkan kesulitan, kesusahan, kesempatan terhadap kebutuhan dharuriyat (primer) yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 04:43 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 04:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14353 |
Actions (login required)
View Item |