IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TEST DIAGNOSTIC THREE-TIER

DENNIS WELDY EDASA, (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TEST DIAGNOSTIC THREE-TIER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181032PK.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181032PK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181032PK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181032PK.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181032PK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181032PK.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181032PK.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181032PK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181032PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181032PK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181032PK.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi merupakan pemahaman siswa terhadap suatu konsep yang berbeda dengan definisi masyarakat ilmiah. Materi larutan penyangga merupakan salah satu materi kimia SMA yang sering mengalami kesalahan konsep pada konsep dasar dari larutan penyangga, komponen larutan penyangga, serta perhitungan larutan penyangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya miskonsepsi siswa serta mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga yang teridentifikasi dengan menggunakan Test Diagnostic Three-Tier. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Diagnostic Three-Tier, dokumentasi, dan observasi bebas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi miskonsepsi pada materi larutan penyangga. Miskonsepsi terjadi pada semua konsep, yaitu konsep awal, pengelompokan komponen, perhitungan pH, dan peran larutan penyangga. Sebanyak 25% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep awal larutan penyangga, 22% siswa miskonsepsi pada konsep pengelompokan komponen larutan penyangga, 29% siswa miskonsepsi pada konsep perhitungan pH larutan penyangga, dan sebanyak 48% siswa miskonsepsi pada konsep peran larutan penyangga. Kata Kunci: Miskonsepsi, Test Diagnostic Three-Tier, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:08
Last Modified: 24 Jun 2019 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item