Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KABUPATEN KAMPAR

DEZA UMAIYAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar. Dalam pembelajaran IPA terdapat fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya banyaknya nilai siswa yang tidak tunta sdari KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hal ini terbukti terdapat 62,33% siswa yang belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa sebanyak 15 orang kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara obserasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 40%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan metode explicit instruction pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan klasikal 66,67% dengan kategori “Cukup”. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan secara klasikal 80% dengan kategori “Baik”. Artinya melalui metode explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar Kata Kunci: Explicit Instruction, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:57
Last Modified: 24 Jun 2019 01:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item