DEZA UMAIYAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181029PGMI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181029PGMI.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181029PGMI.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181029PGMI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181029PGMI.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181029PGMI.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181029PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181029PGMI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181029PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181029PGMI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181029PGMI.pdf Download (493kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode explicit instruction di kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar. Dalam pembelajaran IPA terdapat fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa diantaranya banyaknya nilai siswa yang tidak tunta sdari KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hal ini terbukti terdapat 62,33% siswa yang belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa sebanyak 15 orang kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara obserasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal 40%. Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan metode explicit instruction pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan ketuntasan klasikal 66,67% dengan kategori “Cukup”. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan ketuntasan secara klasikal 80% dengan kategori “Baik”. Artinya melalui metode explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung kabupaten Kampar Kata Kunci: Explicit Instruction, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 01:57 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 01:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14238 |
Actions (login required)
View Item |