PENGARUH KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU

ANGGIA ERIN NOVITA, (2018) PENGARUH KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20181011PIPS-E.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20181011PIPS-E.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20181011PIPS-E.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20181011PIPS-E.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20181011PIPS-E.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20181011PIPS-E.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20181011PIPS-E.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20181011PIPS-E.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20181011PIPS-E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20181011PIPS-E.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181011PIPS-E.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dengan ditemukannya gejala-gejala masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, masih ada siswa yang kurang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang asyik berbicara dengan kawan sebangkunya pada saat guru menerangkan pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa.Teknik pengumpulan data yaitu angket yang berisi tentang Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru dan Minat Belajar Siswa serta dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS ver.21.0 diperoleh ro (observasi) sebesar 0,619 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,256) maupun 1% (0,333) atau (0,256 <0,619> 0,333) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Besar Persentase kontribusi pengaruh keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa sebesar 38,3%, sedangkan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Keterampilan Pemberian Penguatan (Reinforcement) oleh Guru, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 09:06
Last Modified: 21 Jun 2019 09:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item