ANGGIA ERIN NOVITA (2018) PENGARUH KETERAMPILAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) OLEH GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181011PIPS-E.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181011PIPS-E.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181011PIPS-E.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181011PIPS-E.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181011PIPS-E.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181011PIPS-E.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181011PIPS-E.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181011PIPS-E.pdf Download (586kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181011PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181011PIPS-E.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181011PIPS-E.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dengan ditemukannya gejala-gejala masih ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, masih ada siswa yang kurang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang asyik berbicara dengan kawan sebangkunya pada saat guru menerangkan pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa.Teknik pengumpulan data yaitu angket yang berisi tentang Keterampilan Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru dan Minat Belajar Siswa serta dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS ver.21.0 diperoleh ro (observasi) sebesar 0,619 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,256) maupun 1% (0,333) atau (0,256 <0,619> 0,333) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Besar Persentase kontribusi pengaruh keterampilan pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru terhadap minat belajar siswa sebesar 38,3%, sedangkan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Keterampilan Pemberian Penguatan (Reinforcement) oleh Guru, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 09:06 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 09:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14215 |
Actions (login required)
View Item |