KUSPRIYANTI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181009PIPS-E.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181009PIPS-E.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181009PIPS-E.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181009PIPS-E.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181009PIPS-E.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181009PIPS-E.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181009PIPS-E.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181009PIPS-E.pdf Download (668kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181009PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181009PIPS-E.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181009PIPS-E.pdf Download (339kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang belum terlibat aktif dalam pemecahan masalah ketika kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari, masih ada siswa yang kurang mau bertanya, masih ada siswa yang kurang mau berusaha mencari informasi dan masih ada siswa yang kurang mau mengemukakan pendapat atau memberikan saran saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran discovery learning dan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun analisa data mengunakan uji validitas butir angket dilakukan dengan product moment sedangkan uji realibilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis yang digunakan untuk hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dengan SPSS, diperoleh ro (observasi) sebesar 0,731 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,180<0,731>0,235) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Besar Persentase pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru sebesar 53,5%, sedangkan sisanya 46,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 09:02 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 09:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14213 |
Actions (login required)
View Item |