BESTI INDRIANI (2018) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH(RSUD) TELUK KUANTAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018624MEN.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERSETUJUAN__2018624MEN.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018624MEN.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018624MEN.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018624MEN.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018624MEN.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018624MEN.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018624MEN.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV__2018624MEN.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V__2018624MEN.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
||
|
Text
11. BAB VI__2018624MEN.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA__2018624MEN.pdf Download (200kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di instansi Pemerintah yaitu di RSUD Teluk Kuantan pada awal bulan Maret sampai Mei 2018, Dengan tujuan untuk menganalisa kinerja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan dengan pendekatan balanced scorecard. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif analitik. Populasinya adalah seluruh karyawan dan pasien rawat inap rumah sakit umum daerah Teluk Kuantan, yang pengambilan sampelnya menggunakan teori slovin. Total sampel secara keseluruhan berjumlah 157 orang. Pada perspektif keuangan diambil dari data keuangan RSUD Teluk Kuantan tahun 2015-2017, Untuk mengukur kinerja keuangan dilakukan dengan cara mengukur peningkatan penjualan yang dijelaskan secara deskriptif dengan indikasi peningkatan atau penurunan jumlah pelayanan jasa selama waktu penilaian. Sedangkan untuk perpektif pelanggan (costumer), perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diukur dengan menyebarkan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan teknik rentang kriteria. Hasil pengukuran kinerja RSUD Teluk Kuantan untuk kinerja keuangan RSUD Teluk Kuantan mencakup Return on Asset (ROA) dimana hasil ROA dinilai tidak baik dengan rata-rata -192%, untuk Return on Equity (ROE) dinilai tidak baik dengan memperoleh hasil -211%, sedangkan untuk Total Asset Turn Over (TATO) yaitu dengan rata-rata 0,78 dinilai tidak baik, dan Gross Profit Margin dengan mencapai rata-rata 174% dimana hasil ini menunjukkan hasil yang sangat baik. Kinerja pelanggan (costumer) RSUD Teluk Kuantan dengan indikator tingkat kepuasan pelanggan adalah baik, tingkat retensi pelanggan adalah baik, dan tingkat akuisisi pelanggan adalah baik. Kinerja proses bisnis internal dengan indikator proses operasional memperoleh hasil baik, inovasi sangat baik, hasil penilaian kinerja pelayanan RSUD Teluk Kuantan yaitu BOR pada tingkat rata-rata sebesar 39,71% dinilai kurang baik, ALOS berada di 3,6 dinilai kurang baik, TOI berada di 7,21 dinilai kurang baik, BTO berada di 18,42 dinilai kurang baik, NDR berada di 14,05 dinilai baik, dan GDR berada pada 68,42 dinilai kurang baik. Dan kinerja pertumbuhan dan pembelajaran dengan indikator kepuasan karyawan memperoleh hasil cukup baik, produktivitas karyawan cukup baik, dan motivasi, pemberdayaan dan penyelarsan cukup baik. Kata Kunci : Kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen |
Depositing User: | Ms. Ernawati |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:40 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14177 |
Actions (login required)
View Item |