LAINA SRI FITRO HAYATI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL IBNU SINA KIDS KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018995PIAUD.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018995PIAUD.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018995PIAUD.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018995PIAUD.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018995PIAUD.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018995PIAUD.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018995PIAUD.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018995PIAUD.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018995PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018995PIAUD.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018995PIAUD.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B di RA Ibnu Sina Kids Kecamatan Tampan Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di RA Ibnu Sina Kids Kecamatan Tampan Pekanbaru dengan objeknya Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 16 orang anak sebagai kelas kontrol dan B3 berjumlah 14 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 13,992 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bercerita dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bercerita terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak kelompok B di RA Ibnu Sina Kids Kecamatan Tampan Pekanbaru sebesar 76,40%. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Bercerita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:27 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14168 |
Actions (login required)
View Item |