PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 029 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

DONA ROSI ELVINA, (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODERASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 029 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018980PGMI.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018980PGMI.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018980PGMI.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018980PGMI.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018980PGMI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018980PGMI.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018980PGMI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018980PGMI.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018980PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018980PGMI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018980PGMI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini di lakukan karena rendahnya aktivitas belajar siswa. Diantaranya dari 29 jumlah siswa, sebanyak 15 orang atau 51,72% siswa yang tidak memberi tanggapan saat proses pembelajaran berlangsung. Dari 29 jumlah siswa, sebanyak 13 orang atau 44,82% siswa yang menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dari 29 jumlah siswa, sebanyak 10 orang atau 34,48% siswa yang memberikan pendapat sedangkan yang lainnya tidak memberikan jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran moderasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang positif terhadap aktivitas, siswa sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 54,63% atau dengan kategori kurang tinggi, kemudian pada siklus I pertemuan I sebesar 61,20% dengan kategori cukup tinggi dan pertemuan II sebesar 65,08% dengan kategori cukup tinggi, meningkat pada siklus II pertemuan I dengan persentase sebesar 71,98% dengan kategori cukup tinggi dan pada pertemuan II dengan persentase sebesar 79,20% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran moderasi dengan baik dan benar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 029 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci: Metode Pembelajaran Moderasi, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 06:23
Last Modified: 21 Jun 2019 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14153

Actions (login required)

View Item View Item